Friday, March 8, 2013

Fakta Susu UHT (Ultr*, Ind*m*lk, Fr*s*an Fl*g, dll)


1.  Pasteurisasi yg umum UHT - Ultra High Temperature, teknik pemanasan tinggi yg dimaksudkan membunuh bakteri

2.   Pd kenyataannya sulit membuat susu menjadi steril terhadap gangguan bakteri atau polusi, krn pola hidup sapi jaman sekarang (ce'ile...)

3.   Susu -walau kurang cocok utk manusia- masih dilengkapi dgn enzim laktase utk membantu pencernaan (enzim tsb berguna banget utk mencerna susu di tubuh)

4.   Digabung dgn enzim laktase bawaan manusia, kombinasi keduanya bisa sdkt bantu 'melawan' kondisi susu tidak ideal utk manusia tsb

5.   Tp enzyme punya sifat buruk, mrk tidak tahan dgn suhu di atas 45-50 derajat celcius (mungkin mereka anak rumahan dikit2 nyalain AC)

6.   UHT (pemanasan) mematikan enzim susu tsb. Akhirnya susu yg sebenarnya sudah kurang ideal utk pencernaan, menjadi lebih tidak ideal lagi.

7.   Akhirnya lemak susu menjadi semakin tidak terurai dan kolesterol susu membebani sistem tubuh manusia, tanpa kontrol

8.   Proses UHT jg merusak banyak vitamin yg terdpt dlm susu, yg sebenarnya (vitamin2 tsb)  di-gadang2kan oleh produsen susu.

9.   Kesulitan2 yg terus berusaha diakali oleh produsen susu, dengan UHT dan fortifikasi dsb, sbnrnya adlh indikasi susu tdk dibutuhkan.Fortifikasi: ditambahkan. Jadi vitamin dan mineralnya itu buatan, lalu dicampurkan ke susu.

10. Enzym laktase yg menghilang dari tubuh manusia usia 2-3 thn (enzyme tsb tidak akan lagi diproduksi oleh tubuh kita), sebenarnya adalah pertanda bahwa manusia dewasa tidak butuh susu sama sekali.

11. Jadi bukan karena "org Indonesia sih gak dibiasain minum susu dari bayi" pernah saya dengar dari mulut seorang dokter anak mewakili produk susu. *gubraggg*

12. Sarannya dia lbh konyol lagi "minumin aja susunya terus, nanti diharapkan enzim itu akan diproduksi lagi oleh tubuh".

13. Betapa kepentingan komersial mengalahkan hukum alam buatan Tuhan yg sebenarnya harus dipatuhi utk hidup sejahtera 

by Erikar Lebang, Twitter:  @erikarlebang



1 comment: