Friday, March 8, 2013

"Kenapa minum susu?" | "Disuruh mama, biar bisa tinggi dan sehat"


Lg cardio di gym ketemu anak super obesitas! Kasian pdhal ganteng *ironis*. Dia lihat saya baca buku food combining. Ia memulai pertanyaan
"Om.." (sialan!) "Memang kalau di food combining, susu itu gak sehat ya?" Katanya sambil berjalan di mesin cardio sebelah
Tidak mengiyakan, tidak menidakkan, saya balik tanya "Rutin susu?" Seperti sudah saya duga, dia mengangguk. Well, case closed
"Dari kecil suka sakit apa saja?" Tanya saya lagi. Jawabannya beragam "Asma, maag, batuk berlendir, banyak nih!" Keluhnya. Klop
Dari semua yang disebut, tipikal masalah kesehatan yang sangat terkait dengan konsumsi substansi yang sebenarnya 'ditolak' tubuh itu
"Kenapa minum susu?" | "Disuruh mama, biar bisa tinggi dan sehat". Dua variabel (pd dia) yang jelas gagal terberi oleh materi itu
Saya taksir usianya antara 13-15 thn. Usia puncak pertumbuhan. Yang pasti dia tidak agresif tumbuh ke atas, kesamping malahan!
Tinggi, gagal. Sehat? Itu lebih gagal lagi! Lihat saja rentetan penyakit yang 'betah' tinggal dlm tubuhnya. Ok-lah ngeles dikit
"Belum terbukti secara ilmiah masalah itu tersebabkan oleh susu" (yeaah-yeaa..) Lantas diikuti oleh teori kuno dan kompleks
Baiklah kalau mau dibelain seperti itu. Anggap dia benar. Susu memang bisa jadi bukan sumber masalah penyakit. Tapi refer balik ke kalimat 'harapan' si ibunya anak tadi "..supaya sehat"
Sehat? Yang pasti susu sudah gagal memberi perlindungan kesehatan pada anak itu. Kendati bertahun-tahun dikonsumsi secara rutin!
Kalau memang kesehatan terjaga krn rutin minum susu. Mestinya penyakit itu enyah jauh dari tubuh si anak. Rugi di berbagai sisi
Dari gagal mendapat perlindungan kesehatan (not to mention penyakit yang timbul) belum lagi dari sisi ekonomi. Susu gak murah!
Saya yakin kalau belasan tahun anak ini mengkonsumsi susu, konversikan ke dalam jumlah uang. Mungkin cukup untuk biaya pendidikan
Di sekolah ternama, mungkin negeri termaju dunia pendidikan. Apa gak rugi dua kali namanya? Be smart lah. Treat milk logically
Selingan kuliner! Bukan minuman wajib, apalagi minuman kesehatan! Beri tubuh asupan gizi sesuai kodratnya yang diciptakan Tuhan
Anak itu saya tinggal kelar kardio dengan memperlihatkan judul buku yang saya maksud. "Beli 2, bagi dan baca baik-baik sama mama"
From kibulan Erykar Lebang on twitter

1 comment: