Friday, March 8, 2013

Manusia yg 'Bisa' Minum Susu, Bisa Jadi Gennya Bermutasi


·        Budaya yg selalu berubah ikut membentuk evolusi genetik kita, bahkan kadang2 secara langsung dan sangat cepat.

·        Salah satu contoh klasik evolusi genetis karena budaya adalah peningkatan pesat gen manusia untuk mencerna laktosa (susu), dulunya tidak ada.

·        Tanpa gen pencerna laktosa, seseorang akan kesulitan mencerna susu seusai masa bayi. Jika memiliki maka bisa mencerna susu seumur hidup.

·        Hampir tidak ada manusia yg membawa gen pencerna laktosa ini sampai 15.000 thn yg lalu, karena tidak ada manfaatnya.

·        Tentu ada juga manusia yg membawa gen ini sebelum 15.000 thn yg lalu, tapi sedikit. Hanya krn mutasi yg hinggap secara acak.

·        Tapi konstelasi genetik gen pencerna susu berubah ketika petani di Eropa mulai beternak binatang penghasil susu, sekitar 10.000 tahun lalu.

·        Budaya beternak binatang penghasil susu merupakan kebudayaan baru saat itu, memberi akses baru seleksi alam berkembangnya gen pencerna susu.

·        Tersedianya susu sebagai alternatif sumber protein baru yg bisa menolong di musim paceklik ini "memaksa" arah evolusi genetis manusia.

·        Keunggulan untuk bertahan hidup ini dengan cepat menyebarkan gen pencerna susu ke seluruh eropah, meski masih langka di tempat lain.

·        Menyebarnya budaya minum susu ke seluruh dunia, pada akhirnya memacu evolusi genetis gen pencerna susu ini secara cepat.

·        Pada awalnya susu adalah makanan alternatif (bagi orang dewasa) di masa paceklik. Jadi, susu bukan kebutuhan pokok manusia dewasa.

·        @mhkhusyairi sekilas kemarin saya baca di majalah national geographic terbaru, sebenarnya masalah sudah lama dibahas sih.

·        Secara genetis, tubuh manusia dewasa baru mengenal mencerna susu ±10.000 thn lalu. Jadi, kalo ada yg bilang susu menyehatkan, ya nanti dulu.

·        Baca twit dokter @ryuhasan, Org yg 'bisa' minum susu justru gennya bermutasi. Aslinya manusia ya gak bisa cerna laktosa susu.

 ---000---
·        Jangan terpengaruh iklan susu ya tuip, minum susu apapun tidak akan membuat kita jadi lebih sehat...

·        @sudjiwotedjo iki #serius, secara biologis manusia memerlukan susu hanya pada saat bayi, setelah itu kita nggak perlu susu...

·        Manusia dewasa mulai mengkonsumsi susu ternak perah ±10.000 thn lalu, orang2 eropa yg mengenalkan. Sebelumnya tubuh kita nggak kenal susu

·        Secara genetik manusia dewasa tidak punya enzym pencerna laktosa (pengolah susu) sampai 15.000 thn lalu. Budaya yg mendorong mutasi gen kita

·        Orang2 eropa mulai mengenal susu karena mereka mencari sumber makanan alternatif yang tetap tersedia pada masa sulit, musim dingin misalnya

·        Kebiasaan mengkonsumsi susu binatang ternak ini akhirnya menyebar ke seluruh dunia, dan manusia beradaptasi dengan cara mutasi gen

·        Susu sebagai sumber protein alternatif orang dewasa, iya memang benar. Tapi kalo dibilang menyehatkan, ya beda lagi.

·        @68223 minum susu boleh2 saja tapi bukan dengan alasan untuk jadi lebih sehat, ya seperti makan sate kelinci lah :)

·        RT@sraditya@ryuhasan dulu ada slogan 4 sehat 5 sempurna, apakah kurang tepat? | J: Perlu direvisi, tanpa susu bukan berarti tidak sempurna

No comments:

Post a Comment